Tegakkan Disiplin Protokol Covid-19, Forkopimda Jatim Terjunkan Tim Hunter

Ihya Ulumuddin ยท Rabu, 16 September 2020 - 21:30 WIB
Tegakkan Disiplin Protokol Covid-19, Forkopimda Jatim Terjunkan Tim Hunter
Gubernur Jatim Khofifah melaunching Tim Hunter Pelanggar Protokol Kesehatan di Grahadi, Rabu (16/9/2020)

SURABAYA, iNews.id – Forkopimda Jawa Timur (Jatim) menerjunkan Tim Pemburu (Hunter) Pelanggar Protokol Kesehatan (Protkes), Rabu (16/9/2020). Tim ini dibentuk untuk menegakkan disiplin masyarakat dalam menjaga protokol Covid-19.

Tim Hunter Pelanggar Protkes ini beranggotakan 178 personel, terdiri atas TNI, Polri, Satpol PP dan relawan. Untuk melaksanakan tugas, tim tersebut diperkuat dengan 35 unit kendaraan, terdiri atas mobil pemburu, truk, motor milik TNI-Polri dan Satpol PP.

Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengatakan Tim Hunter Pelanggar Protker merupakan upaya bersama untuk menekan Covid-19 di Jatim. Sebagaimana operasi yustisi, tim tersebut akan menegakkan protokol Covid-19 di tempat-tempat umum dan kerumunan

“Kita sudah melakukan proses sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Saat ini akan dilakukan penegakan hukum secara masif yang tertuang di dalam peraturan daerah (Perda),” katanya seusai launching Tim Hunter Pelanggar Protkes di Grahadi, Rabu (16/9/2020).

Gubernur Jarim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, regulasi sudah diterbitkan untuk menegakkan protokol kesehatan, mulai dari pusat hingga daerah. Namun, tetap saja masyarakat abai dan melanggar.

“Karena itu, saatnya kita melakukan penegakan. Secara nasional, operasi yustisi juga sudah dimulai sejak Senin (14/9/2020) lalu,” katanya.

Khofifah mengatakan, operasi yustisi dilakukan sebagai bagian dari law enforcement berbagai regulasi yang ada. Karenanya, Tim Hunter Pelanggar Protkes Covid-19 ini dilepas untuk bisa mendorong penegakan disiplim masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Pangdam, Kapolda, dan jajaran Pemprov Jatim ingin menegakkan dengan melakukan proses yang lebih masif. Maka hari ini kami lepas para hunter. Para pemburu bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan Covid-19,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin