Pemkot Surabaya Luncurkan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo, Tarif Hanya Rp3.000 

Ihya Ulumuddin · Kamis, 30 Desember 2021 - 08:53:00 WIB
Pemkot Surabaya Luncurkan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo, Tarif Hanya Rp3.000 
Warga Surabaya mencoba transportasi baru Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan Teman Bus melalui Program Buy The Service (BTS) pada Trans Semanggi Suroboyo di Balai Kota Surabaya, Rabu (29/12/2021). Peluncuran itu ditandai dengan pemotongan untaian melati dan pemecahan kendali di Trans Semanggi Suroboyo. 

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan Trans Semanggi Suroboyo merupakan perubahan paradigma baru. Di beberapa kota besar lainnya masih menggunakan sistem angkutan penumpang atau yang lebih dikenal sistem wajib setor kepada juragan.

"Tapi konsep Buy The Service ini merupakan suatu konsep yang mana para operator dibayar dengan menggunakan rupiah perkilometer. Jadi, begitu roda menggelinding, berapa kilometer sesuai SOP yang ditetapkan, itulah yang akan kita berikan pembayarannya," kata Suharto.

Karena itu dalam launching kali ini diberi nama Teman Bus, yang merupakan kepanjangan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Aman, dan Nyaman. Dia berharap Trans Semanggi Suroboyo ini akan menjadi backbone atau penumpang angkutan massal yang ada di Kota Surabaya dan menjadi pelayanan angkutan massal di wilayah aglomerasi dari Jawa Timur.

"Transportasi ekonomis dalam artian jauh dekat bayarnya sama. Meskipun kita masih mengandalkan nol rupiah karena kami masih menunggu peraturan pemerintah atau peraturan Menteri Keuangan yang mengatur tarif BTS ini. Insyallah dalam waktu dekat peraturan Menteri Keuangan itu akan keluarkan dan bisa diterapkan. Rencananya, untuk tarif para pelajar jauh dekat Rp2.000 dan untuk penumpang umum Rp3.000," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: