Niat Ingin Bantu Orang Tua, Pemuda Asal Surabaya Nekat Curi Motor di Sidoarjo

Bambang Pramono ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 17:03 WIB
Niat Ingin Bantu Orang Tua, Pemuda Asal Surabaya Nekat Curi Motor di Sidoarjo
Kapolsek Waru Kompol Anwar Sudjito memberikan keterangan mengenai penangkapan pencuria sepeda motor di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (8/8/2020). (Foto: iNews/Bambang Pramono)

SIDOARJO, iNews.id - Seorang pemuda Fatlhurozi Yudik, warga Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, babak belur dihakimi warga karena ketahuan akan mencuri sepeda motor di sebuah minimarket di kawasan Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (8/8/2020). Pelaku beralasan mencuri motor untuk dijual dan menghidupi kedua orang tuanya.

Aksi tersangka berhasil digagalkan karena korban yang mengetahui kendaraannya dibawa lari, berteriak dan meminta tolong kepada warga. Warga yang geram dan kesal dengan aksi pencurian itu akhirnya menangkap dan menghakimi pelaku hingga babak belur.

Untungnya di saat hampir bersamaan, petugas patroli Polsek Waru yang kebetulan melintas di lokasi kejadian, langsung mengamankan pelaku sehingga selamat dari amukan warga. Polisi lalu membawa tersangka ke puskesmas untuk mendapat pertolongan medis, sebelum akhirnya dijebloskan ke tahanan.

Kepada polisi, pelaku mengaku niat mencuri muncul setelah dia melihat sepeda motor yang diparkirkan di halaman minimarket dalam kondisi kunci kontak menempel di kendaraan. Tersangka langsung secepatnya melarikan motor. Namun, belum sempat jauh membawa kabur motor dari lokasi kejadian, korban berteriak dan dirinya langsung ditangkap warga.

"Saya lihat ada motor diparkir dalam kondisi kunci kontak menempel, lalu saya ambil. Tapi, saya akhirnya tertangkap warga," ujar tersangka Rozi.

Pelaku beralasan terpaksa mencuri sepeda motor tersebut untuk dijual. Hasil penjualan motor curian akan dia gunakan untuk membantu menghidupi kedua orang tuanya.

Kapolsek Waru Kompol Anwar Sudjito menegaskan, dalam melakukan aksinya, tersangka dibantu seorang rekannya yang berhasil melarikan diri. Polisi masih mengejar pelaku tersebut.

"Kami saat ini masih melakukan pengejaran terhadap satu tersangka lainnya yang telah diketahui identitasnya. Sementara motor hasil curian yang gagal dilarikan kini diamankan di Mapolsek Waru," kata Anwar Sudjito.


Editor : Maria Christina