Bak Manusia, Buku di Surabaya Juga Dikarantina Usai Dipinjam Agar Tak Tertular Covid-19

Aan Haryono · Minggu, 26 September 2021 - 20:03:00 WIB
Bak Manusia, Buku di Surabaya Juga Dikarantina Usai Dipinjam Agar Tak Tertular Covid-19
Buku di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) akan dikarantina selama dua hari (Aa Haryono/MNC Portal)

SURABAYA, iNews.id - Buku di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) akan dikarantina selama dua hari. Hal ini dilakukan agar buku itu terhindar dari penularan Covid-19.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi menuturkan, pihaknya berencana membuka TBM mulai minggu depan. Untuk tahap awal, ada empat TBM yang bakal mulai dilakukan uji coba usai dilakukan asesmen oleh Satgas Covid-19 Surabaya.

"TBM Insya Allah mulai minggu depan kita sudah mulai buka. Kemarin kita berencana ada 12 TBM yang kita ajukan uji coba untuk kita buka. Tetapi yang sudah turun asesmen ada empat TBM," kata Musdiq, Minggu (26/9/2021).

Empat TBM yang berencana dilakukan uji coba itu, lanjutnya, lokasinya tersebar di beberapa wilayah Surabaya. Yakni, TBM RW 14 Ujung, TBM RW 3 Kebraon, TBM Rusun Tanah Merah dan TBM RW 3 Sukolilo Baru.

"Hasil asesmen satgas itu juga kita sampaikan kepada teman-teman (petugas TBM), supaya memenuhi protokol kesehatan dalam hal memberikan layanan kepada masyarakat," katanya.

Musdiq juga memastikan, TBM yang bakal beroperasi itu juga wajib menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan. Seperti menyediakan tempat mencuci tangan, hand sanitizer, wajib menggunakan masker dan membatasi maksimal 25 persen pemustaka atau pengunjung TBM. 

"Mereka (pengunjung) juga diberikan batasan waktu, kalau mereka baca buku sekitar 1 atau 2 jam," jelasnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: