Waspada Cuaca Ekstrem, Bibit Siklon Tropis 98S Terbentuk di Samudra Hindia Selatan Jatim

Donald Karouw ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 20:12:00 WIB
Waspada Cuaca Ekstrem, Bibit Siklon Tropis 98S Terbentuk di Samudra Hindia Selatan Jatim
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem. BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (Jakarta TCWC) telah mendeteksi bibit siklon tropis dengan inisial 98S yang terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Timur (Jatim).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, bibit siklon tropis tersebut dari pusat tekanan rendah yang terpantau di wilayah perairan sebelah selatan Nusa Tenggara. Berdasarkan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer hari ini, Rabu (24/2/2021) jam 13.00 WIB, posisinya di sekitar 13,7 derajat LS-116,3 derajat BT atau sekitar 625 km dari lepas pantai Jawa Timur. 

"Pantauan citra satelit cuaca enam jam terakhir menunjukkan adanya aktivitas pertumbuhan awan konvektif dan terlihat juga pola konvektifitas yang kuat dari sistem 98S tersebut. Kecepatan angin maksimum di sekitar sistem bibit siklon 98S berkisar 25 knots (46 km/jam)," kata Guswanto dalam siaran pers, Rabu (24/2/2021). 

Keberadaan bibit siklon tersebut cukup signifikan berdampak pada pembentukan pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatera Selatan-Jawa-Nusa Tenggara. Secara tidak langsung juga dapat berdampak pada pembentukan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir di sebagian besar wilayah Jawa mulai tanggal 24 Februari 2021. 

"Selain itu dapat menimbulkan potensi angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara," katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2