Penipuan Berkedok Bantuan Bupati Terpilih Beredar di Kabupaten Gresik 

Ashadi Iksan · Selasa, 23 Februari 2021 - 19:07:00 WIB
Penipuan Berkedok Bantuan Bupati Terpilih Beredar di Kabupaten Gresik 
Ilustrasi penipuan (Okezone)

GRESIK, iNews.id - Penipuan berkedok bantuan bupati Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) beredar lewat pesan WatshApp. Modusnya, pelaku menawarkan bantuan Rp9 juta mengatasnamakan Gus Yani kepada calon korban. 

Sejumlah yayasan di Gresik pun dikabarkan ikut menjadi korban. Mereka telah memenuhi persyaratan, termasuk transfer uang Rp4 juta. Namun, bantuan Rp9 juta tak kunjung cair. 

Sebuah Yayasan di wilayah Kecamatan Manyar salah satunya. Beberapa waktu lalu, pihak yayasan didatangi laki-laki bernama Agus Budiono, mengaku dari Kabag Keuangan Pemkab Gresik dan menawarkan bantuan sebesar Rp9 juta.

Pelaku mengatakan bahwa bantuan tersebut berasal dari Gus Yani. Namun, ada syarat yang harus dilakukan, yakni transfer balik sebesar Rp 4 juta ke rekening salah satu bank atas nama Fajar Mubarok.

"Tapi, syaratnya minta dikirimi foto kegiatan, rekening yayasan dan jumlah santri,” ungkap salah satu staf yayasan, Sholihan (34), Selasa (23/2/2021).

Tidak hanya itu. Agus Budiono juga minta kepada pihak yayasan menerima telepon dan Watshapp dari Gus Yani maupun Bu Min. Hal itulah yang membuat pihak yayasan semakin yakin akan menerima bantuan itu.

"Apalagi dalam nomor WA ada foto Gus Yani. Bahkan, yang Bu Min juga menyarankan agar menerima bantuan dan mentransfer balik," aku Sholihan.

Demi meyakinkan korban, para pelaku mengirim bukti transfer uang Rp 9 juta ke rekaning yayasan. Akhirnya, pihak yayasan pun melakukan transfer balik uang Rp 4 juta ke rekening Fajar Mubarok.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2