Heboh, Pinjaman Online Fiktif Catut Nama Ketua DPRD Kota Malang

Avirista Midaada · Selasa, 23 Februari 2021 - 14:08:00 WIB
Heboh, Pinjaman  Online Fiktif Catut Nama Ketua DPRD Kota Malang
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartiksari menyampaikan klarifikasi atas pencatutan namanya untuk kredit fiktif, Selasa (23/2/2021). (Foto: Okezone/Avirista Midaada).

MALANG, iNews.id - Heboh, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika jadi korban penipuan. Nama Rian dicatut seseorang untuk dijadikan akun Facebook yang menawarkan pinjaman online dengan nilai ratusan juta. 

Tak hanya nama Rian, nama PDI Perjuangan, tempat Rian berpartai juga ikut dicatut. Belum diketahi pelaku pencatutan nama untuk kredit fiktif tersebut. Saat ini kasus tengah dilaporkan polisi untuk diselidiki. 

"Saya tidak terlalu aktif di Facebook. Saya kaget ketika ada beberapa orang yang konfirmasi ke saya. Apa benar itu akun milik saya. Saya langsung membantahnya," kata Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Kartika saat dikonfirmasi, Selasa (23/2/2021). 

Rian mengetakan, seorang anggota DRPD tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman online ke masyarakat. Apalagi di akun tersebut disebutkan ia menawarkan pinjaman hingga Rp 500 juta ke masyarakat. 

"Saya langsung klarifikasi. Apalagi akun tersebut membawa nama partai. PDIP punya lembaga hukum. Saya sudah disuruh membuat klarifikasi bahwa akun tersebut bukan milik saya," ucapnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melaporkan ke pihak kepolisian lantaran modus seperti ini telah memakan korban seorang warga. 

Sementara itu, korban kredit abal-abal tersebut, Libra (44) mengatakan, ia telah mengirim uang Rp3 juta ke pengelola akun tersebut. Sebelumnya akun tersebut menawarkan kredit dengan syarat mengirim data KTP, KK, dan uang sebesar 10 persen dari total uang yang akan dipinjam.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2