Oknum Polisi di Situbondo Tembak Warga Sipil, Polda Jatim Audit Internal

Hari Tambayong ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 08:24:00 WIB
Oknum Polisi di Situbondo Tembak Warga Sipil, Polda Jatim Audit Internal
Ilustrasi penembakan. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Polda Jawa Timur (Jatim) melakukan audit internal kasus oknum polisi dari Polres Situbondo yang menembak warga sipil di Hotel Papin, Selasa (20/10/2020) dini hari. Sementara jenazah korban sudah ditangani secara humanis pascakejadian.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan, kasus ini sedang diperiksa secara internal. Tujuannya untuk mengetahui apakah tindakan oknum tersebut sudah sesuai dengan ketentuan tindakan kepolisian berdasarkan peraturan kapolri dan KUHAP yang berlaku.

“Secara internal, kami masih melakukan audit secara general untuk mengtahui apakah tindakan oknum polisi tersebut sudah sesuai UU yang berlaku maupun Perkap 01 maupun KUHAP yang berlaku,” katanya, Rabu (21/10/2020).

Dia menambahkan, sementara pascakejadian, korban telah ditangani secara humanis dengan membawanya ke pihak medis dan menghubungi keluarga.

Sayang, Polda Jatim enggan menyebut kondisi kejiawaan warga sipil yang melakukan penyerangan polisi tersebut. Namun, berdasarkan keterangan saksi di lokasi, oknum polisi sudah melakukan antisipasi dengan tangan kosong, mengindar dan tetap dikejar. Oknum polisi lantas melakukan upaya pelumpuhan dengan penembakan.


Editor : Umaya Khusniah