Kemplang Pajak hingga Rp2,6 Miliar, 3 Pelaku Ini Dijebloskan ke Tahanan 

Pramono Putra · Kamis, 04 Maret 2021 - 09:33:00 WIB
Kemplang Pajak hingga Rp2,6 Miliar, 3 Pelaku Ini Dijebloskan ke Tahanan 
Tiga pengemplang pajak diamankan Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Rabu (3/3/2021). (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

SIDOARJO, iNews.id - Tiga pelaku kejahatan perpajakan dijebloskan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidaorjo. Ketiga pelaku ditangkap karena terbukti memanipulasi faktur pajak hingga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp2,6 miliar. 

Kasus ini terbongkar setelah Kantor Wilayah (Kanwil) Dirjen Pajak Jatim 2 menemukan transaksi tidak beres dari beberapa wajib pajak. Dari temuan tersebut Kanwil Dirjen Pajak 2 Jatim melalui Korwas PPNS Polda Jatim akhirnya menangkap tiga tersangka dan diserahkan ke Kejari Sidoarjo. 
 
Ketiga tersangka, masing-masing YGS, NEI, dan DY, ketiganya warga Buduran-Sidoarjo. Ketiga pelaku ini bersekongkol melakukan manipulasi faktur pajak. Caranya dengan menggunakan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya. 

"Pajaknya dikurangi dari nilai semestinya, sehingga nilainya menjadi kecil. Mereka ini bekerja sama membuat laporan perpajakan SPT perusahaan milik salah satu tersangka, dengan maksud mengurangi jumlah kewajiban pembayaran PPN," kata Kapala Kanwil Dirjen Pajak Jatim 2 Lusiani, Rabu (4/2/2021). 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2