Tertular dari Ibu Kandung, 2 Bocah di Blitar Positif Covid-19

Solichan Arif ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 17:06 WIB
Tertular dari Ibu Kandung, 2 Bocah di Blitar Positif Covid-19
Ilustrasi tes swab. (Foto: iNews.id)

BLITAR, iNews.id - Dua bocah di Kota Blitar tertular virus corona dari ibu kandung mereka yang lebih dulu positif Covid-19. Ibu kedua bocah tersebut berlatar belakang tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Kabupaten Blitar.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Blitar Muhammad Muchlis mengatakan, hasil tes swab menyebutkan kedua anak berusia sembilan tahun itu terkonfirmasi positif. Kendati demikian, dua anak tersebut dalam keadaan sehat dan dinyatakan sebagai pasien tanpa gejala (OTG).

"Pasien positif Covid-19 yang menulari kedua bocah tersebut orang tuanya sendiri, yakni perempuan 45 tahun yang berlatar belakang tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit Kabupaten Blitar," kata Muchlis di Blitar, Kamis (9/7/2020).

Muchlis mengatakan, keduanya memiliki riwayat berkontak erat dengan pasien Kelurahan Rembang. Dari penelusuran petugas medis, ada 26 orang yang pernah berkontak erat dengan pasien, termasuk dua bocah tersebut. Ini dipastikan dari pemeriksaan mulai rapid test dan berlanjut swab test.

"Yang bersangkutan (kedua bocah) melakukan isolasi mandiri di rumah," ujar Muhammad Muchlis.

Sementara pasien positif laki laki 34 tahun warga Kelurahan Kepanjen Lor kondisinya telah stabil. Yang bersangkutan dirawat di rumah sakit rujukan Kota Blitar dan menunggu hasil tes swab lanjutan yang pertama.

Begitu juga pasien positif perempuan 41 tahun asal Kelurahan Bendo yang bekerja di institusi Pemkab Blitar. Kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit Kota Blitar juga stabil dan menunggu hasil swab test lanjutan pertama.

Sedangkan pasien positif berusia 61 tahun menunggu hasil tes swab lanjutan yang kelima. Laki-laki, warga Kelurahan Klampok dan diisolasi di rumah sakit tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 10 Juni 2020.

Tercatat hingga 8 Juli 2020 jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Blitar menjadi 13 kasus. Perinciannya, 6 orang sembuh, 6 orang dirawat dan satu orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 11 kasus. Rinciannya, selesai pengawasan 6 orang, dalam pengawasan satu orang dan meninggal dunia 4 orang. Sementara jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 217 orang. "Yang selesai dipantau 213 orang, dipantau 2 orang dan meninggal dunia 2 orang," ujarnya.


Editor : Maria Christina