Sowan ke Rumah Rais Aam PBNU, La Nyalla Paparkan Perjuangan PT Nol Persen

Lukman Hakim · Senin, 21 Februari 2022 - 20:04:00 WIB
Sowan ke Rumah Rais Aam PBNU, La Nyalla Paparkan Perjuangan PT Nol Persen
Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti saat berada di kediaman Rais Aam PBNU KH MIftachul Akhyar, Senin (21/2/2022). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti sowan ke rumah Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar di Surabaya, Senin (21/2/2022). Di hadapan Kiai Miftach, Nyalla memohon doa restu serta memaparkan alasan perjuangannya menggugat Presidential Threshold nol persen.

"Mohon doanya kiai, karena demokrasi kita saat ini sudah kebablasan. Harus ada perbaikan fundamental yang dimulai dari hulunya," kata LaNyalla saat mengunjungi Pondok Pesantren Miftachussunnah. 

LaNyalla menyatakan, sistem demokrasi Indonesia mengalami kerusakan sejak dilakukannya amandemen konstitusi pada 1999-2002. Sejak amandemen sebanyak empat kali itu, keputusan kepemimpinan diserahkan kepada mekanisme voting. Pun halnya dengan ekonomi, diserahkan kepada mekanisme pasar.

"Demokrasi Pancasila berubah menjadi demokrasi liberal. Ekonomi Pancasila juga berubah menjadi ekonomi kapitalistik. Ini semua imbas dari amandemen yang dilakukan terhadap konstitusi," tutur Senator asal Jawa Timur (Jatim) itu. 

Sementara itu, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar KH Miftachul Akhyar sependapat dengan LaNyalla. Menurutnya, sistem pemilihan berdasarkan suara terbanyak alias voting bukan nafas asli sistem demokrasi Indonesia yang berasaskan Pancasila. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: