Rusak Gedung DPRD Jember saat Demo Omnibus Law, 5 Tersangka Ditahan

Bambang Sugiarto ยท Minggu, 25 Oktober 2020 - 21:35:00 WIB
Rusak Gedung DPRD Jember saat Demo Omnibus Law, 5 Tersangka Ditahan
Lima pelaku perusakan gedung DPRD Jember diamankan polisi, Minggu (25/10/2020) (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Lima tersangka perusakan gedung DPRD Jember saat demo Omnibus Law, Kamis (22/10/2020) lalu, tertangkap. Mereka terdiri atas dua mahasiswa, dua warga sipil dan satu pelajar.

Kelima tersangka ini masing-masing berinisial AFM, THS, AS, MRE dan MAS. Mereka ditangkap di rumah masing-masing di wilayah Kota Jember. Identitas mereka terungkap berdasarkan rekaman video saat kerusuhan pecah.

Berdasarkan rekaman video tersebut, kelima tersangka melemparkan batu ke gedung dewan, hingga menyebabkan kaca pecah. Tak hanya itu, mereka juga sempat mengancam wartawan yang saat itu sedang bertugas.

Mereka meminta wartawan tidak mengambil gambar saat kerusuhan terjadi. Bahkan mereka juga mengancam akan merusak kamera bila tetap mengambil gambar. Ancaman inilah yang akhirnya berbuntut pelaporan ke polisi.

“Para pelaku ini bergabung dengan pendemo yang menamakan dirinya Aliansi Jember Menggugat. Selain mahasiswa, pendemo ini terdapat pelajar dan warga sipil,” kata Wakapolres Jember Kompol Windy Saputra, Minggu (25/10/2020).

Windi mengatakan semula aksi berlangsung aman. Namun, tak lama berselang kerusuhan pecah. Beberapa pendemo melemparkan batu hingga petasan ke arah gedung DPRD Jember, hingga menyebabkan kerusakan.

“Pascakejadian itu kami langsung melakukan penyelidikan dan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) hingga menemukan para pelaku. Sampai hari ini kami terus melakukan pendalaman. Tidak menutup kemungkinan ada tersangka lagi,” katanya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa pecahan kaca, batu, martil, selongsong mercon hingga pakaian pelaku.


Editor : Ihya Ulumuddin