11 Rekomendasi Kuliner Madura, Nomor 3 Ternyata Bukan Hidangan Asli Madura

Faqihah Husnul Khatimah ยท Jumat, 23 September 2022 - 15:24:00 WIB
11 Rekomendasi Kuliner Madura, Nomor 3 Ternyata Bukan Hidangan Asli Madura
Deretan rekomendasi kuliner Madura ini wajib kamu coba karena bukan cuma berisi sate dan soto. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.idRekomendasi kuliner Madura ini harus kamu coba. Bukan hanya soto dan sate, Madura juga memiliki sejumlah kuliner lezat yang mampu menggoyang lidah.

Madura adalah daerah berupa pulau yang masuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Madura dikenal karena produksi garam yang melimpah sehingga dijuluki Pulau Garam. Namun, kuliner Madura juga tidak kalah terkenal. 

Sebut saja Soto Madura dan Sate Madura yang mudah ditemukan di beberapa kota besar Indonesia. Cita rasa makanan Madura sangat khas dan berbeda dari daerah lain. Jika kamu mengunjungi Madura, jangan lewatkan diri untuk mencicipi beberapa kuliner ini.

Berikut daftar rekomendasi kuliner Madura yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022).

Daftar Rekomendasi Kuliner Madura

1. Bebek Songkem

Bebek Songkem adalah makanan khas Kabupaten Sampang, Madura. Penamaan Bebek Songkem dikarenakan kepala dan leher bebek ditekuk layaknya orang yang sedang sungkem. 

Cara membuatnya adalah mengukus bebek dalam balutan daun pisang selama 3-4 jam sampai bumbu meresap dan daging empuk. Bumbu bebek Songkem antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan rempah-rempah. Uniknya, bebek tidak dikukus menggunakan air, melainkan belahan batang pisang yang menghasilkan uap air dan menambahkan aroma khas dalam masakan.

2. Topak Ladeh

Topak Ladeh hampir mirip dengan opor ayam, tetapi berbahan dasar daging sapi dengan berbagai sayuran, seperti potongan pepaya muda dan kacang panjang. Rasanya lebih pedas dan berwarna merah kecoklatan yang berasal dari campuran rempah-rempah.

Kuahnya berwarna Makanan yang berasal dari Bangkalan Madura ini biasanya disajikan pada Hari Raya Ketupat atau Lebaran. Dalam bahasa Madura, topak artinya lontong, sehingga topak ladeh berarti lontong ladeh.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: