PPKM Darurat Diperpanjang, Gubernur Jatim Siapkan SK Pelonggaran untuk Sejumlah Sektor 

Lukman Hakim · Rabu, 21 Juli 2021 - 14:58:00 WIB
PPKM Darurat Diperpanjang, Gubernur Jatim Siapkan SK Pelonggaran untuk Sejumlah Sektor 
Polisi melakukan penyekatan kepada para pengendara di sejumlah titik di Surabaya saat PPKM Darurat. (Foto: SINDOnews)

SURABAYA, iNews.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat resmi diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat ini mempersiapkan SK terkait pelonggaran untuk sektor-sektor tertentu.

Diketahui, sektor-sektor tertentu akan dilonggarkan apabila tren kasus Covid-19 menurun. Terdapat beberapa sektor yang akan diperlonggar, di antaranya pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Lalu pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenisnya juga diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00. Pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah.

Kemudian warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00. Maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 30 menit. 

“Insyaallah sore atau malam hari ini keluar SK (surat keputusan) Gubernurnya (pelonggaran)," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, usai meninjau lokasi bantuan oksigen di Pangkoarmada II, Surabaya, Rabu (21/7/2021).

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2