Misteri Desa Penari Rowo Bayu dan Kisah Pertapaan Prabu Tawang Alun di Banyuwangi 

Eris Utomo · Jumat, 10 September 2021 - 08:53:00 WIB
Misteri Desa Penari Rowo Bayu dan Kisah Pertapaan Prabu Tawang Alun di Banyuwangi 
Rowo Bayu, salah satu tempat syakral di kawasan pertapaan Prabu Tawang Alun di Desa Bayu, Banyuwangi. (Foto: iNews.id/Eris Utomo).

BANYUWANGI, iNews.id - Nama Rowo Bayu di Banyuwangi ramai menjadi perbincangan masyarakat beberapa bulan terakhir. Telaga dengan banyak sumber air di lereng Gunung Raung, Desa Bayu, Kecamatan Songon, Banyuwangi ini bahkan banyak dicari orang. 

Hal itu setelah Rowo Bayu muncul dalam kisah horor Desa Penari yang dialami mahasiswa KKN hingga viral di media sosial beberapa waktu lalu. Sejak saat itu, banyak warganet menebak-nebak di mana lokasi Desa Penari tersebut berada. 

Tak sedikit yang meyakini, bahwa Rowo Bayu berkaitan dengan kisah horor Desa Penari yang saat itu viral, meski akhirnya Desa Penari disebut sebut sebagai permukiman astral yang kasat mata. 

Keberadaan Rowo Bayu sejatinya merupakan wanawisata alam dengan sebuah telaga di antara rimbunan pohon tua tinggi menjulang. Lokasinya berada di sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi, atau sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. 

Layaknya kawasan lereng gunung, suasana Rowo Bayu begitu tenang dan sunyi. Di sekitar telaga yang dikenal dengan sebutan rowo dalam bahasa Jawa ini memang banyak pohon tua dan petilasan, sehingga cocok untuk kegiatan menyepi bagi orang yang memiliki tujuan tertentu. 

Udara lembab dengan kabut tipis menambah suasana sunyi mencekam. Wewangian dupa sudah tercium sejak di pintu masuk, membuat merinding bagi warga yang tidak perah berkunjung di Rowo Bayu ini. 
 
Keberadaan petilasan Prabu Tawang Alun, stupa dan candi serta makam kuno yang berada di sekitar telaga, menggenapi suasana mistis yang teramat mendalam. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: