Mengaku Kecolongan, UB Tak Menyangka Mahasiswanya Berafiliasi dengan ISIS 

Avirista Midaada · Rabu, 25 Mei 2022 - 20:54:00 WIB
Mengaku Kecolongan, UB Tak Menyangka Mahasiswanya Berafiliasi dengan ISIS 
Kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang. (Foto: Okzone/Avirista Midaada)

MALANG, iNews.id - Universitas Brawijaya (UB) merasa kecolongan atas bergabungnya salah satu mahasiswa dengan Jemaah Ansharut Daulah (JAD). Mereka tak menyangka ada mahasiswa yang terkontaminasi ideologi radikal hingga berafiliasi dengan ISIS

Wakil Rektor (Warek) III Universitas Brawijaya Prof Abdul Hakim mengatakan, sebenarnya pendidikan anti radikalisme telah diajarkan sejak lama di kampus UB. Pemahaman anti radikalisme ini bahkan terdapat banyak item indikator yakni mental kebangsaan, guna mencegah paham radikal yang harus dilakukan mahasiswa baru (Maba) saat bergabung ke UB.

Bahkan, sejak 2020 Universitas Brawijaya telah melaksanakan pendidikan anti radikalisme yang diterapkan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Hal ini mengantisipasi mudahnya paham-paham radikal tersebar di lingkungan kampus kepada mahasiswa baru.

"Sejak tahun 2020 kita secara rutin melaksanakan kegiatan atau pendidikan anti radikalisme ini. Kami juga mengundang secara rutin dari BNPT, untuk memberikan ceramah kepada Maba, tahun ini pun kegiatan serupa akan kita laksanakan baik di tingkat universitas, maupun fakultas di bawah koordinasi dekan melalui wadek III Kemahasiswaan," tuturnya.

Melalui pemahaman pendidikan anti radikalisme, setiap mahasiswa di UB mendapat kuliah umum dari orang-orang yang kompeten dari luar kampus. Hal ini sebagai antisipasi menangkal paham radikal masuk ke lingkungan mahasiswa. Apalagi secara imej, Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas besar di tingkat nasional, termasuk 10 besar universitas terbaik di Indonesia berada di rangking 801 dunia.

"Jadi sebenarnya universitas maupun fakultas secara khusus sudah melaksanakan, walaupun dalam bentuk pendidikan atau garapan terkait anti radikalisme itu. Kami punya daftar juga beberapa penceramah yang kami undang untuk pelaksanaan kegiatan kegiatan tersebut," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: