Libatkan Tenaga Medis, Sepasang Kekasih Diamankan Usai Lakukan Aborsi

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 06 April 2020 - 14:09 WIB
Libatkan Tenaga Medis, Sepasang Kekasih Diamankan Usai Lakukan Aborsi
Ilustrasi aborsi. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Satreskrim Polrestabes Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menangkap sepasang kekasih atas dugaan aborsi. Dari hasil penyelidikan, tindakan tak manusiawi itu mereka lakukan dengan melibatkan jasa seorang tenaga medis.

“Praktik aborsi ini dilakukan di sebuah kamar hotel di Surabaya. Hasil penyelidikan kami, ada tenaga medis yang terlibat,” kata Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Ardian Satrio Utomo, Senin (6/4/2020).

Ardian menjelaskan, kasus aborsi ini terbongkar atas laporan dari salah satu rumah sakit di Surabaya yang menduga ada pasien yang melakukan persalinan di luar prosedur medis. “Berdasar laporan itu, kami melakukan penyelidikan dan menangkap mereka,” katanya.

Ardian mengatakan, salah satu pelaku (pasien perempuan 17 tahun) mengaku nekat melakukan aborsi karena malu, dan takut dengan keluarganya. Sebab, dia telah hamil di luar nikah. “Dengan jasa tenaga medis, dia akhirnya melakukan aborsi,” katanya.

Sementara itu, janin yang dilahirkan paksa telah dimakamkan di sebuah tempat di kawasan MERR Kota Surabaya. “Dari pengakuannya, jenazah janin itu dimakamkan oleh kekasihnya berusia 30 tahunan di salah satu wilayah di Jalan Ir Soekarno (MERR),” ujarnya.

Ardian mengaku telah mengamankan sepasang kekasih, berikut tenaga medis. Namun, penyelidikan masih terus berlangsung, untuk mencari kemungkinan ada kasus aborsi lain yang ditangani tenaga medis tersebut.

“Ada dugaan, tenaga medis ini menerima pasien lain. Ini masih terus kami selidiki. Perkembangannya akan kami sampaikan lagi,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah