Kunjungi Ponpes di Magetan, La Nyalla Ditanya Kemungkinan Maju Jadi Capres 2024

Ihya Ulumuddin · Kamis, 10 Juni 2021 - 19:25:00 WIB
Kunjungi Ponpes di Magetan, La Nyalla Ditanya Kemungkinan Maju Jadi Capres 2024
Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti bersama pengasuh utama Ponpes Al Fatah Temboro KH Ubaidillah Ahror atau Gus Ubed. (Foto: Istimewa)

MAGETAN, iNews.id - Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti kembali mengunjungi pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Magetan, Kamis (10/6/2021). Dalam pertemuan tersebut, pengasuh utama Ponpes Al Fatah Temboro KH Ubaidillah Ahror atau Gus Ubed menyampaikan pertanyaan kepadanya.

Gus Ubed bertanya mengenai kemungkinan La Nyalla maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu Presiden tahun 2024. La Nyalla pun tidak ragu-ragu menjawab.

"Insya Allah. Kalau ditakdirkan," jawab La Nyalla menanggapi pertanyaan tersebut yang disampaikan saat mereka menikmati sarapan bersama.

Namun, menurut LaNyalla, DPD akan terlebih dulu mencoba melakukan amandemen ke-5 konstitusi untuk meluruskan lagi agar hak-hak DPD sebagai jelmaan utusan daerah bisa diperoleh kembali. Sebab, dulu presiden dipilih MPR yang terdiri atas DPR atau parpol, utusan golongan dan utusan daerah. 

"Setelah amandemen DPR tetap, utusan golongan hilang, utusan daerah jadi DPD. Nah setelah itu kenapa yang bisa calonkan presiden hanya parpol. Kita yang utusan daerah tidak bisa. Itu yang akan kita perjuangkan," kata La Nyalla.

La Nyalla menegaskan, Indonesia dibangun oleh civil society dan elemen nonpartisan. Sementara parpol itu datangnya terakhir.

"Yang bangun Indonesia, termasuk kerajaan-kerajaan nusantara. Tapi ketika saya keliling Indonesia, melihat kerajaan-kerajaan itu seperti tidak diperhatikan. Padahal sumbangsih mereka dalam berdirinya republik ini sangat besar," katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2