Cek Penanganan Covid-19 di Kediri, Panglima TNI: Jadikan Prokes Kebutuhan

Ihya Ulumuddin · Kamis, 10 Juni 2021 - 18:08:00 WIB
Cek Penanganan Covid-19 di Kediri, Panglima TNI: Jadikan Prokes Kebutuhan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat rapat di Convention Hall Kediri, Kamis (10/6/2021). (Foto: Istimewa)

KEDIRI, iNews.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito menggelar rapat internal terkait penanganan Covid-19 di wilayah Jawa Timur (Jatim). Panglima TNI menekankan lima poin penting dalam rapat di Convention Hall Kediri, Kamis (10/6/2021). 

Dalam rapat bersama Bupati Kediri Hanindhitho Himawan Pramana terkait dinamika perkembangan dan penanganan Covid-19 di wilayah tersebut, salah satu yang ditekankan Panglima TNI, pentingnya mematuhi disiplin protokol kesehatan. Bahkan, ini harus menjadi kebutuhan. 

"Jadikan protokol kesehatan sebagai sebuah kebutuhan, yang di antaranya harus selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan," kata Panglima TNI. 

Panglima TNI mengingatkan, untuk menghindari penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, diharapkan 3T atau Tracing, Testing dan Treatment harus dilaksanakan secara konsisten. Penerapan ini demi menghindari kasus-kasus baru, terutama yang berasal dari luar Kediri. 

Selain itu, strategi pengendalian kasus dengan mengoptimalkan fungsi PPKM Mikro harus terus dilaksanakan. Selanjutnya, lakukan juga pemantauan kasus aktif, pemantauan angka kematian, pemantauan angka kesembuhan dan angka isolasi secara real time. 

"Pastikan ketersedian tempat tidur rumah sakit untuk merawat pasien, kemudian kesiapan tenaga kesehatan, alat kesehatan yang dibutuhkan, obat-obatan serta pelaksanaan isolasi mandiri," kata Panglima TNI. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2