Kisah Mataram Kuno di Tangan Raja Sanjaya, Masyarakatnya Makmur Bebas Penyamun

Avirista Midaada · Jumat, 23 September 2022 - 05:39:00 WIB
Kisah Mataram Kuno di Tangan Raja Sanjaya, Masyarakatnya Makmur Bebas Penyamun
Salah satu peninggalan mataram kuno. (Foto: storymap).

Rakyat dapat tidur di tengah jalan, tidak perlu takut akan pencuri dan penyamun atau kejahatan lainnya. Konon saat itu Slamet Muljana menggambarkan rakyat hidup serba senang dan tenang. Sanjaya semasa naik tahta jadi raja memeluk agama Siwa dan berkiblat ke India Selatan. 

Boleh dipastikan nenek moyang Sanjaya berasal dari India Selatan, dengan tempat yang dinamakan Kunjaradari. Nama Sanjaya memang kedapatan pada Prasasti Canggal. Sanjaya dianggap juga sebagai raja pertama di Mataram dan disebut Rakai Mataram. 

Sedangkan Prasasti Canggal yang dikeluarkan oleh raja Sanjaya sendiri menyatakan bahwa sebelum raja Sanjaya berkuasa, Jawa telah diperintah oleh ayah beliau bernama Sanna. Sanna sendiri identik dengan raja ketiga dari Kerajaan Galuh, yang memang tak disebutkan secara tersurat di Prasasti Canggal ini. 

Dari sini disimpulkan bahwa ada hubungan erat raja pertama Mataram kuno atau Kerajaan Medang dengan Kerajaan Galuh yang berada di Jawa bagian barat. Kerajaan ini lantas menjadi cikal bakal Kerajaan Sunda yang juga menjadi salah satu kerajaan besar di Pulau Jawa kala itu. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Bagikan Artikel: