Kisah Mataram Kuno di Tangan Raja Sanjaya, Masyarakatnya Makmur Bebas Penyamun

Avirista Midaada ยท Jumat, 23 September 2022 - 05:39:00 WIB
Kisah Mataram Kuno di Tangan Raja Sanjaya, Masyarakatnya Makmur Bebas Penyamun
Salah satu peninggalan mataram kuno. (Foto: storymap).

SURABAYA, iNews.id - Prasasti Canggal peninggalan Kerajaan Mataram Kuno mengisahkan sosok raja adil dan bijaksana yang ada di Pulau Jawa. Prasasti yang ditemukan di atas Gunung Wukir, di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Magelang ini juga menggambarkan bagaimana pendirian candi Siwa demi kebahagiaan penduduk. 

Digambarkan saat itu Pulau Jawa memiliki tanah yang sangat subur, kaya akan tambang emas, dan banyak menghasilkan padi. Diuraikan pula Pulau Jawa saat itu diperintah oleh Raja Sanna, sebagaimana dikutip dari "Sriwijaya" tulisan Prof Slamet Muljana. 

Sang raja memerintah dengan sangat bijaksana, adil dalam tindakannya, perwira dalam peperangan, bermurah hati kepada rakyat. Ketika raja Sanna wafat, negara berkabung, sedih karena kehilangan pelindungnya. Sebagai gantinya Sanjaya, putra Sanna naik tahta. 

Sanjaya dikiaskan dengan matahari. Beliau menerima kekuasaan tidak langsung dari raja Sanna, tetapi dari kakak perempuannya. Di sana dijelaskan bahwa kesejahteraan, keamanan, dan ketenteraman negara begitu terjaga secara betul-betul.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: