Khofifah Targetkan Lumbung Pangan Jangkau 28 Kabupaten/Kota di Jatim Pekan Depan

Lukman Hakim ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 21:24:00 WIB
Khofifah Targetkan Lumbung Pangan Jangkau 28 Kabupaten/Kota di Jatim Pekan Depan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat peluncuran perluasan jangkauan Lumbung Pangan Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (9/7/2020). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menargetkan,  layanan Lumbung Pangan Jatim mampu menjangkau 28 kabupaten/kota se-Jatim, pada pekan depan. Selanjutnya, Lumbung Pangan Jatim diharapkan akan mampu menjangkau lebih jauh daerah-daerah di kabupaten/kota tersebut.

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, saat ini Lumbung Pangan Jatim sudah berhasil menjangkau 19 kabupaten dan kota. Lima hari lalu sudah dilakukan uji coba untuk 19 kabupaten/kota.

“Mulai besok, tanggal 15 itu uji coba 9 kabupaten/kota yang baru. Jadi harapannya kita bisa melakukan perluasan sampai ke 28 kabupaten/kota yang bisa mengakses free ongkir sembako murah ini,” kata Khofifah seusai peluncuran perluasan jangkauan Lumbung Pangan Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (9/7/2020).

Khofifah menandaskan, perluasan jangkauan ini diharapkan bisa menjangkau 25 pasar yang dijadikan sampling oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan menjangkau pasar-pasar tersebut sebagai target perluasan, akan menjadikan lumbung pangan sebagai referensi harga di Jatim.

“Kita berharap semua pasar yang jadi samplingnya BPS bisa kita jangkau. Kalau seluruh pasar yang dijadikan samplingnya BPS bisa kita jangkau, maka Lumbung Pangan ini akan bisa dijadikan referensi harga. Dengan begitu perlindungan konsumen itu akan lebih baik,” katanya.

Direktur PT Panca Wira Usaha, Erlangga Satriagung sebagai penyelenggara Lumbung Pangan Jatim mengatakan, sebelumnya Lumbung Pangan Jatim telah melayani area di 11 kabupaten/kota, yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten dan Kota Malang, dan Kota Batu.

“Saat ini kita akan ke delapan kabupaten dan kota. Jadi per hari ini ada 19 kabupaten dan kota atau 50 persen dari kabupaten dan kota se-Jatim,” katanya.

Atas arahan Gubernur Jatim, lanjutnya, saat ini pihaknya akan memperluas layanan ke beberapa wilayah di barat. Antara lain Lamongan, Tuban, Bojonegoro dan Madiun. Wilayah timur seperti Probolinggo dan selatan seperti Jombang dan Nganjuk.

“Kemungkinan pekan depan akan bertambah sembilan kabupaten dan kota,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono mengatakan, pihaknya siap menyukseskan perluasan layanan Lumbung Pangan Jatim tersebut. Dalam pandemi Covid-19 ini, setiap daerah harus bisa bertahan dengan cara memunculkan ide dan inovasi baru. Satu di antaranya dengan menghadirkan biaya logistik yang murah.

“Kami siap membantu semaksimal mungkin untuk berkoordinasi dan mendukung ide ide dari Pemprov Jatim. Salah satunya adalah Lumbung Pangan Jatim,” katanya.

Editor : Maria Christina