Kunker ke Situbondo, Edhy Prabowo Bantah Ekspor Lobster Untungkan Gerindra

Riski Amirul Ahmad ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 20:22:00 WIB
Kunker ke Situbondo, Edhy Prabowo Bantah Ekspor Lobster Untungkan Gerindra
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat kuker ke Situbondo, Jatim. (Foto: iNews/Riski Amrul Ahmad)

SITUBONDO, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo membantah tudingan ekspor benih lobster menguntungkan partainya, Gerindra. Dari 26 penerima izin ekspor lobster yang sudah diumumkan, hanya beberapa yang kebetulan berasal dari partainya.

Pernyataan ini disampaikan Edhy dalam kunjungan kerja (kunker) di Situbondo, Jawa Timur (Jatim), Kamis (9/7/2020). Dia menegaskan, ekspor lobster dilakukan sebagai upaya memanfaatkan sumber daya alam, memantau ekspor dan menyejahterakan nelayan.

“Saya juga tidak tahu kalau mereka mendaftar,” katanya.

Edhy bahkan mengaku tidak mengetahui jika sejumlah perusahaan ekspor yang mendapat izin berasal dari Partai Gerindra. Menurutnya, semua perusahaan telah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

“Setelah saya lihat, tidak lebih dari dua orang. Yang satu Agrinas kan BUMN punya menteri pertahanan yang kebetulan punya korelasi,” katanya.

Dia juga memastikan, dua perusahaan tersebut tidak menguntungkan dirinya apalagi ada permintaan tertentu agar mereka mendapat izin. Edhy mengatakan, pihaknya terbuka dengan masukan dan evaluasi terkait pencabutan permen larangan ekspor benur lobster.

Dalam kunkernya kali ini, Edhy menyambangi Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo. Dia meninjau sejumlah kesiapan hasil perekayasaan beragam jenis komoditas perikanan yang dilakukan para ahli.

Di tempat itu, sejumlah jenis lobster yang dibudidaya nelayan dilakukan uji coba. Ada sejumlah komoditas lobster yang ditemukan di kolam perekayasa, di antaranya lobster jenis pasir hingga mutiara.

Editor : Umaya Khusniah