Investasi Bodong MeMiles, Keluarga Cendana Datangi Polda Jatim Lewat Akses Khusus

Ihya Ulumuddin ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 11:59 WIB
Investasi Bodong MeMiles, Keluarga Cendana Datangi Polda Jatim Lewat Akses Khusus
Keluarga Cendana AHS penuhi panggilan Polda Jatim terkait investasi ilegal MeMiles. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.idKeluarga Cendana, AHS, memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim), Rabu (22/1/2020). AHS diperiksa penyidik berkaitan kasus investasi bodong, MeMiles.

AHS datang sekitar pukul 10.35 WIB melalui akses khusus Polda Jatim. Akses ini terbatas untuk kapolda maupun pejabat utama. Cara AHS mendatangi Polda Jatim ini terlihat tak biasa sebab saksi-saksi sebelumnya datang melalui pintu utama.

Cara ini rupanya sengaja dilakukan AHS untuk menghindari wartawan. Sebab, sedari pagi sejumlah media telah menunggu kedatangan cucu mantan Presiden Soeharto tersebut.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, AHS diperiksa sebagai saksi. Berdasarkan keterangan saksi sebelumnya dan bukti digital forensik, AHS diketahui terlibat dalam investasi bodong dari PT Kam and Kam ini.

BACA JUGA: Investasi Bodong MeMiles, Penyanyi Tata Janeeta dan Regina Idol Mangkir dari Panggilan Penyidik

“Hari ini Polda Jatim memanggil tiga orang saksi, yakni AHS, AN dan TJ. Tiga orang itu akan diperiksa, dimana yang ketiga orang itu ada kaitannya degan pemeriksaan saksi-saksi sebelumnya dan tersangka,” katanya, Rabu (22/1/2020).

Luki mengatakan, pemeriksaan para saksi akan terus dilakukan untuk membongkar secara tuntas bisnis bodong tersebut. Upaya ini, kata Luki, dilakukan untuk menyelamatkan aset milik member yang menjadi korban.

“Pada hari Selasa kemarin sudah Rp128,4 miliar yang kami sita. Insyaallah ini akan terus bertambah karena tim kami masih menelusuri orang-orang yang sedang kami dalami,” katanya.

Luki mengatakan, selain AHS, penyidik sejatinya juga memanggil istri AHS. Namun, yang bersangkutan berhalangan hadir karena sakit. “Istrinya sakit. Nanti diagendakan minggu depan,” katanya.

BACA JUGA: Investasi Bodong MeMiles, Pinkan Mengaku Diundang untuk Menyanyi

Kendati demikian, reward yang diterima AHS dan istrinya akan diserahkan ke Polda Jatim sebagai barang bukti. Reward tersebut berupa dua unit mobil mewah.
“Tadi malam sudah diberangkatkan. Mungkin jam 12.00 WIB nanti tiba di sini,” katanya.

Diketahui, Polda Jatim membongkar kasus investasi bodong MeMiles. Lima orang tersangka sudah diamankan dalam kasus ini. Mereka adalah direktur utama dan rekan kerjasanya, ahli IT, motivator, serta karyawan bagaian distribusi reward.

Hasil penyelidikan polisi, ada banyak publik figur dan artis yang terlibat dalam kasus investasi bodong ini. Selain sebagai member, polisi juga menengarai sebagian dari mereka adalah endorser dan koordinator.

Sementara itu, hingga saat ini polisi sudah mengamankan barang bukti uang nasabah sebesar Rp124 miliar serta 18 unit mobil.


Editor : Umaya Khusniah