Cerita Bangkitnya PKI di Blitar Selatan karena Alasan Kemiskinan

Solichan Arif · Selasa, 27 September 2022 - 07:43:00 WIB
Cerita Bangkitnya PKI di Blitar Selatan karena Alasan Kemiskinan
Pasukan TNI saat operasi penumpasan Gerakan 30 September. (Defile Pasukan TNI/ Foto Pusat Persenjataan Dan Sejarah Militer)

JAKARTA, iNews.id - Para pimpinan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang lolos dari peristiwa Gerakan 30 September berada di Blitar Selatan, Jawa Timur. Di daerah itu mereka menyiapkan strategi taktik perjuangan bersenjata (Perjuta).

Perjuta merupakan tesis Kritik Oto Kritik (KOK) Sudisman yang melibatkan kekuatan rakyat secara penuh. Tesis perlawanan ini terinspirasi dari tulisan Mao Tse Tsung.

Situasi sosial dan alam Blitar Selatan pada tahun 1967-1968 mendukung hal itu.

Pimpinan PKI di Blitar Selatan ditangkap tentara. (ilustrasi).
Pimpinan PKI di Blitar Selatan ditangkap tentara. (ilustrasi).

Rewang, salah seorang pimpinan PKI yang tertangkap di Blitar Selatan menyebut kawasan itu sebagai pegunungan tandus. Tanahnya mirip pegunungan seribu di sebelah selatan Solo dan Yogyakarta.

"Sebagian daerah di Blitar bagian selatan, terhitung merupakan lahan baru dari bekas hutan jati," kata Rewang dalam memoarnya, 'Saya Seorang Revolusioner'.

Untuk menyambung hidup, mayoritas penduduk Blitar Selatan bergantung pada aktivitas bercocok tanam. Mereka melakukannya di sawah dan ladang yang memiliki sifat pengairan tadah hujan.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: