Cegah Corona, Wali Kota Risma: Masuk Surabaya, Penumpang Pesawat Wajib Mandi di Bandara

Hari Tambayong ยท Jumat, 17 April 2020 - 15:07 WIB
Cegah Corona, Wali Kota Risma: Masuk Surabaya, Penumpang Pesawat Wajib Mandi di Bandara
Penumpang kedatangan internasional di Terminal II Bandara Juanda yang diperiksa ketat mencegah masuknya virus korona. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SURABAYA, iNews.idWali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluarkan surat edaran agar seluruh penumpang pesawat yang turun di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo wajib mandi dan ganti baju di bandara sebelum masuk Surabaya.

Kebijakan itu diambil untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas di Kota Pahlawan.

Surat edaran yang dikeluarkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita.

Menurut Febria, kebijakan wali kota itu terkait banyaknya pendatang dari luar daerah Surabaya yang datang melalui bandara.

Dia mengatakan, surat edaran itu ditujukan kepada otoritas Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

“Ya, betul. Jadi untuk meminimalisir penularan kita kan nggak tahu ada dari daerah terjangkit luar negeri sebaiknya tidak perlu datang ke Surabaya lah. Kita sebaiknya stay di rumah yang terjadi sekarang banyak yang datang dari luar kota, karena kita memang menjaga Surabaya supaya bebas dari Covid-19,” katanya, Jumat (17/4/2020).

Dia menyebutkan, banyak penularan dari luar kota dari luar negeri kenapa harus mandi dan cuci tangan supaya semua harus bersih. “Virus hilang kena shampoo sehingga kalau nggak mau mandi dari juanda nggak usah datang ke Surabaya supaya hilang virus,” ujarnya.

Selain di bandara, surat edaran ini juga dikirimkan ke otoritas terminal, pelabuhan, serta stasiun yang menjadi pintu utama masuk ke Kota Surabaya.


Editor : Kastolani Marzuki