3 Warga Jatim Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian India 

Lukman Hakim · Senin, 14 Juni 2021 - 21:51:00 WIB
3 Warga Jatim Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian India 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin).

SURABAYA, iNews.id – Tiga warga Jawa Timur (Jatim) terkonfirmasi positif Covid-19 varian India B16172 Delta. Dua pasien menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, sementara satu pasien di Rumah Sakit Bojonegoro. 

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kabar adanya Covid-19 varian baru diketahui berdasarkan laporan hasil penelitian whole genome sequencing (WGS) yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

"Saya telah menugaskan koordinator tracing, Pak dr. Kohar untuk melakukan pelacakan dan terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien tersebut," katanya, Senin (14/6/2021).

Khofifah mengatakan saat ini masih menunggu hasil WGS lain yang tengah diteliti oleh Unair, untuk menentukan langkah penanganan dan perawatan jika ditemukan kasus serupa lainnya. WGS adalah teknik komprehensif yang digunakan dalam proses pengurutan sekuens DNA untuk mendeteksi ada tidaknya varian baru Covid-19.

Sebelumnya, Khofifah telah menerima hasil sequencing dari 24 sampel yang diperoleh dari penyekatan Suramadu. Dari hasil uji sampel tersebut di Institute Tropical Disease (ITD) Unair, terkonfirmasi ada tiga sampel yang dinyatakan virus corona varian B16172, atau strain dari India. “Mudah-mudahan semua bisa terkoordinasikan dan termanage dengan baik," ujarnya.

Lebih jauh Khofifah menegaskan bahwa, tiga pasien yang dinyatakan positif tertular Covid-19 varian baru B16172 bukanlah pekerja migran Indonesia (PMI). 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2