UB Buka Layanan Terpadu untuk Mahasiswa Korban Kekerasan Seksual dan Perundungan

Avirista Midaada · Senin, 16 Agustus 2021 - 12:01:00 WIB
UB Buka Layanan Terpadu untuk Mahasiswa Korban Kekerasan Seksual dan Perundungan
Kampus Universitas Brawijaya Malang (istimewa).

MALANG, iNews.id - Universitas Brawijaya (UB) Malang membuka Unit Layanan Terpadu Kekerasan Seksual dan Perundungan (ULTKSP) di 14 fakultas. Layanan ini disiapkan pihak kampus untuk melindungi mahasiswa korban kekerasan seksual dan perundungan.

"Saat ini (ULTKSP) sudah beroperasi dan beberapa di antaranya bahkan sudah menerima kasus. Layanan di ULTKSP ini meliputi pelayanan awal dan pelayanan lanjutan," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Brawijaya Abdul Hakim, Senin (16/8/2021).

Hakim mengatakan, ada 14 fakultas yang telah memiliki ULTKSP, masing-masing Fakuktas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Fakultas Teknik (FT).

Kemudian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Matematika dan IPA (MIPA), Fakultas Ilmu Komputer (Filkom), Vokasi, PSDKU Kediri, dan Fakultas Kedokteran (FK).

Staf Ahli WR III Arif Zainudin menambahkan, jika nantinya korban ingin meneruskan kasus hingga ke ranah hukum maka pelayanan akan diserahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian.

"ULTKSP ini sebatas konsultasi antara pihak korban dan pelakuny. Jika laporannya ditingkatkan sampai ke ranah hukum, maka sudah menjadi tanggung jawab kepolisian.  Jika korban tidak ingin kasusnya ditingkatkan ke ranah hukum maka pelaku bisa saja dikenai sanksi akademik berupa skorsing, tergantung dari tim kode etik ULTKSP memutuskannya," kata Arif.
 
Sementara itu di FILKOM sendiri unit yang concern menangani permasalahan mahasiswa seperti kekerasan seksual dan perundungan sudah berdiri sejak delapan tahun yang lalu.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: