Tunggu Giliran Bongkar Muat, Kapal Kargo Terbakar di Pelabuhan Gresik

Agus Ismanto ยท Selasa, 26 November 2019 - 13:12 WIB
Tunggu Giliran Bongkar Muat, Kapal Kargo Terbakar di Pelabuhan Gresik
KM Tanto Ceria hangus terbakar di Perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) di kawasan Pelabuhan Gresik. (Foto: iNews/Agus Ismanto)

GRESIK, iNews.id – Kapal Motor (KM) Tanto Ceria hangus terbakar di Perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Selasa (26/11/2019) pagi. Peristiwa ini terjadi saat kapal kargo pengangkut kontainer sedang labuh jangkar menunggu bongkar muat di kawasan Pelabuhan Gresik.

Informasi yang dirangkum iNews, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kapal terbakar tersebut. Seluruh anak buah kapal (ABK) sebanyak 10 orang sempat panik berhamburan dan berhasil menyelamatkan diri ketika api berkobar di ruang pandu kapal.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kusnadi mengatakan, kebakaran diduga akibat korsleting aluran listrik pada ruang pandu. Kuatnya embusan angin membuat kobaran api cepat meluas dan membakar benda lain di sekitarnya.

Ada sebanyak dua unit kapal pemadam kebakaran yang diterjunkan untuk memadamkam api. Api mampu dilokalisir setelah tim gabungan dari KSOP, Pelindo, Polair dan Basarnas berjibaku bersama-sama memadamkan api selama lebih dari 2 jam.

BACA JUGA: Puting Beliung dan Hujan Es Terjang Grobogan, Ratusan Rumah Porak Poranda

“Api berasal dari ruang padu akibat korsleting aliran listrik. ABK mencoba memadamkan, namun api lebih besar dari kemampuannya hingga mereka semua menyelamatkan diri,” ujar Kusnadi.

KM Tanto Ceria ini diketahui baru berlayar dari Banjarmasin untuk melakukan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Saat kejadian sedang lepas standar di Pelabuhan Gresik.


Editor : Donald Karouw