Tim SAR Gabungan Temukan 1 Korban Tewas KM Santika Nusantara di Car Deck

Ihya' Ulumuddin · Kamis, 05 September 2019 - 14:30 WIB
Tim SAR Gabungan Temukan 1 Korban Tewas KM Santika Nusantara di Car Deck
Petugas rescue dari Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban tewas di car deck KM Santika Nusantara, Kamis (5/9/2019). (Foto: iNews.id/Ihya’ Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.idTim SAR gabungan kembali menemukan satu korban kebakaran KM Santika Nusantara, Kamis (5/9/2019). Korban ditemukan tak bernyawa di bagian car deck atau tempat kendaraan bermotor. Saat ini korban dievakuasi ke Rumah Sakit Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur (Jatim).

“Pagi tadi tim gabungan kembali melakukan operasi SAR KM Santika Nusantara di Dermaga PT Indonesia Marina Shipyard. Sekitar pukul 11.50 WIB, tim rescue menemukan korban meninggal di car deck,” kata SAR Mission Coordinator (SMC) Prasetya Budiarto, Kamis (5/9/2019).

Menurut Prasetyo, identitas korban belum diketahui. Selain kondisi mayat yang sudah rusak, sebagian besar tubuh jenazah juga gosong sehingga sulit dikenali. “Untuk memastikannya, jenazah sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara,” katanya.

Saat ini, lanjut Prasetyo, tim SAR masih menyisir sejumlah bagian kapal. Upaya ini dilakukan untuk memastikan ada-tidaknya korban lain di dalam kapal. Sebab, berdasarkan manifest, masih ada tiga penumpang KM Santika Nusantara yang belum ditemukan.

Diketahui, Kamis (22/8/2019) lalu KM Santika Nusantara rute Surabaya-Balikpapan terbakar di Perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura. Sebanyak 308 orang berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat sedangkan tiga orang ditemukan dalam kondisi meninggal. Tiga penumpang lagi belum ditemukan.

Proses pencarian tiga penumpang tersebut sempat terhenti karena bangkai kapal masih mengeluarkan asap. Tim SAR baru akan melanjutkan pencarian korban ketika kapal benar-benar aman dimasuki.


Editor : Maria Christina