Tes GeNose, Kasus Positif Covid-19 di Juada Capai 100 Orang Per Hari 

Pramono Putra · Senin, 05 April 2021 - 16:26:00 WIB
Tes GeNose, Kasus Positif Covid-19 di Juada Capai 100 Orang Per Hari 
Ratusan calon penumpang di Bandara Juanda mengantre untuk tes GeNone C19, Senin (5/4/2021). (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

SIDOARJO, iNews.id - Jumlah calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda yang terdeteksi positif Covid-19 melalui pemeriksaan GeNose C19 terus meningkat. Sehari, jumlah calon penumpang pesawat yang terdeteksi Covid-19 mencapai 100 orang.

Akibatnya mereka diwajibkan untuk mengikuti tes swab PCR yang dilakukan disejumlah klinik kesehatan disekitar bandara. Upaya ini untuk memastikan apakah mereka benar-benar terpapar virus Covid-19 atau tidak. 

Imbasnya mereka terpaksa harus menjadwal ulang tiket pesawat. Sebab, waktu pemeriksaan Swab PCR memerlukan waktu yang tidak singkat.

Petugas klinik dan kesehatan di bandara juanda belum bisa memastikan, apakah tingginya calon penumpang yang terdeteksi positif Covid-19 ini murni karena corona, atau karena alat GeNose di Bandara Juanda yang sangat sensitif terhadap kondisi kesehatan manusia. 

Sesuai aturan, 30 menit sebelum menjalani tes GeNose C19, calon penumpang wajib berpuasa dan tidak merokok karena bisa berpengaruh terhadap hasil GeNose C19 yang keluar. Namun faktanya, masih banyak calon penumpang yang tidak mengindahkan aturan penggunaan GeNose dengan alasan waktu yang pendek, sehingga akhirnya banyak yang terdeteksi positif.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2