Terima Kunjungan Bupati Jember, Mendes Gus Halim: Pemda Berperan Penting Kuatkan Desa

Irfan Ma'ruf · Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:32:00 WIB
Terima Kunjungan Bupati Jember, Mendes Gus Halim: Pemda Berperan Penting Kuatkan Desa
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan Bupati Jember, Jawa Timur Hendy Siswanto di Kantor Kemendes PDTT, Kalibata, Jakarta, Kamis (21/10/2021). (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) mempunyai peran penting dalam menguatkan desa.

Salah satunya dengan memberikan masukan dan pendampingan kepada pemangku kepentingan (stakeholder) desa dalam proses perencanaan pembangunan desa.

“Penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) pada pertengahan tahun harus diikuti perumusan APBDes pada akhir tahun. Dalam proses ini, pemerintah daerah perlu melakukan aksi pembinaan kepada desa,” ujar Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan dari Bupati Jember, Jawa Timur Hendy Siswanto di Kantor Kemendes PDTT, Kalibata, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Gus Halim-sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-menjelaskan, peran strategis pemda dalam pembangunan desa, di antaranya adalah menyusun alokasi dana desa, menyetujui penetapan APBDes, membina Bumdes, memberikan surat kuasa pencairan dana desa, hingga memberikan pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa.

“Peran strategis ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh Pemda, sehingga desa-desa di wilayahnya mampu meningkatkan indeks desa membangun (IDM),” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: