Razia PSBB, Petugas Gabungan Tutup Paksa Pertokoan di Kota Malang

Deni Irwansyah ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:48 WIB
Razia PSBB, Petugas Gabungan Tutup Paksa Pertokoan di Kota Malang
Petugas gabungan mendatangi toko yang masih nekat buka salama PSBB. (Foto: iNews/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id – Petugas gabungan Satpol PP dan TNI-Polri menutup paksa sejumlah toko di kawasan Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Langkah tegas ini diambil karena para pemilik toko nekat buka, kendati ada larangan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pantauan iNews.id, para penjual masih melayani pembeli seperti biasa, tanpa mengindahkan aturan physical distancing. Pemandangan ini terjadi di hampir semua toko di pusat kota, seperti kawasan Pecinan, Pasar Besar, hingga komplek Malang Plaza. Oleh petugas, toko-toko tersebut didatangi dan diminta tutup.

“Ternyata masih banyak yang melanggar aturan di Perwali. Saat itu juga, langsung kami paksa tutup. Kami tidak mau berdebat, sebab sudah diatur mana yang boleh buka dan tidak,” kata Kapolresta Malang, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Sabtu (23/5/2020).

Leo mengatakan, seluruh pelaku pelanggaran hari ini diberi surat teguran. Bila mereka tetap mengulang hingga tiga kali, maka izin usahanya akan dicabut. “Kami bersama kodim sudah berkoordinasi dengan wali kota, meminta agar yang bandel dicabut izin usahanya,” katanya.

Karena itu, selama penerapan PSBB, operasi cipta kondisi akan gencar dilakukan. “Kami akan patroli tiap hari,” katanya.

Tak hanya di pasar dan pusat perbelanjaan, pengawasan ketat juga akan dilakukan di perbatasan wilayah. Banyak pemudik dari luar daerah masuk ke Malang.

“Semua kendaraan kami cek, termasuk yang berpelat N. Banyak pemudik yang mengelabui petugas,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin