Puan Maharani Buka Kickoff Meeting P20 di Surabaya, Khofifah: Momentum Jatim Bangkit

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 16 Juni 2022 - 16:57:00 WIB
Puan Maharani Buka Kickoff Meeting P20 di Surabaya, Khofifah: Momentum Jatim Bangkit
Ketua DPR Puan Maharani saat membuka Kickoff Meeting 8th G20 Parliamentary Speaker's Summit di Surabaya. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Kickoff Meeting 8th G20 Parliamentary Speaker's Summit atau P20 digelar di Ballroom Hotel JW Marriot Surabaya Rabu (15/6/2022). Kegiatan ini dibuka langsung Ketua DPR RI Puan Maharani dan dihadiri sejumlah undangan, termasuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Kickoff Meeting P20 ini merupakan pembukaan atas serangkaian pertemuan jelang P20 Summit pada 6-7 Oktober mendatang. DPR menjadi tuan rumah the 8th P20 Summit yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

"Presidensi Indonesia pada G20 dibayangi oleh berbagai krisis (multiple crisis), yang terjadi pada saat bersamaan. Sebagai dampak dari Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia," kata Puan.

Puan mengingatkan, betapa mudahnya masalah lokal berkembang menjadi krisis global yang dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai negara. Oleh karena itu, kata Puan, negara-negara G20 harus selalu memperhitungkan kemungkinan terjadinya krisis global dalam pembuatan kebijakan di dalam negeri. 

"Jelaslah bahwa saat ini segala masalah dunia kita saling berhubungan. Berbagai permasalahan global tidak dapat diselesaikan oleh satu negara atau oleh satu pihak saja," ucapnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan rasa bangga sekaligus terima kasih. Dia menyebut pemilihan Jatim, khususnya Surabaya, sebagai kota pembuka merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi di tengah kondisi pascapandemi Covid-19, momen presidensial P20, diharapkan akan memberi Multiplier Effect dalam upaya kebangkitan Jawa Timur. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: