Provinsi Jatim-Finlandia Jajaki Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Teknologi 

Ihya Ulumuddin · Sabtu, 26 Maret 2022 - 15:11:00 WIB
Provinsi Jatim-Finlandia Jajaki Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Teknologi 
Dubes Finlandia HE Jari Sinkari menandatangani perjanjian kerja sama di hadapan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Jumat (25/3/2022). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menjajaki kerja sama bidang pendidikan dan teknologi dengan Republik Finlandia. Kesepakatan kerja sama itu didapat saat kunjungan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia HE Jati Sinkari di Gedung Negara Grahadi, Jumat (25/3/2022) malam. 

"Dalam pertemuan ini, saya menyampaikan pentingnya melakukan penguatan sistem pendidikan bersama Finlandia untuk meningkatkan human development index atau indeks pembangunan manusia (IPM) di Jatim. Saya melihat pendidikan adalah salah satu bidang kerja sama yang strategis antara Finlandia dan Jatim," kata Gubernur Khofifah

Keinginan itu disampaikan Khofifah karena kualitas sistem pendidikan Finlandia telah diakui dunia. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Finlandia dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia. Begitu juga Indeks Kebahagiaan di Finlandia jadi yang terbaik di dunia. Selain itu Quality of Life di Finlandia juga jadi yang terbaik di dunia. 

Khofifah mengatakan, di bidang pendidikan, Finlandia telah menerapkan sistem pendidikan dengan membangun suasana menyenangkan, bahkan sejak jenjang TK. Sistem pendidikan di Finlandia tidak banyak memberikan ujian maupun pekerjaan rumah (PR). 

"Itu penting untuk diketahui bagaimana kalau tidak banyak PR maupun ujian seperti halnya UNAS yang  bisa membuat siswa panik. Akan tetapi, di Perguruan Tinggi mereka berprestasi. Maka dari itu, kami rasa ini sangat strategis jika Jatim mendapatkan transfer of knowledge dari proses yang sudah dilakukan lembaga pendidikan di Finlandia," ucapnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: