PPKM Mikro di Jatim Diperpanjang hingga 8 Maret, Ini Alasannya

Lukman Hakim ยท Senin, 22 Februari 2021 - 16:48:00 WIB
PPKM Mikro di Jatim Diperpanjang hingga 8 Maret, Ini Alasannya
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa (Foto: Istimewa)

Menurutnya, selama  PPKM mikro, hasil signifikan tampak pada penurunan jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi biasa maupun ICU.  Selama PPKM tahap satu dan dua  serta  PPKM Mikro, tingkat keterisian rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi biasa di Jatim turun dari 79 persen menjadi 46 persen. 

BOR ICU juga turun dari 72 persen menjadi 57 persen. "Artinya, keterisian rumah sakit di Jatim sudah sesuai syarat dari WHO yakni dibawah 60 persen," ujarnya.

Sebelum pelaksanaan PPKM Mikro, lanjut dia, terdapat 210 Rukun Tetangga (RT) zona merah di Jatim sesuai dengan kriteria Gugus Tugas Covid-19 Nasional. Dimana RT zona merah adalah RT dengan 10 warga  yang menderita positif Covid-19 dalam tujuh hari terakhir. Di akhir PPKM Mikro ini, saat ini RT Zona merah sudah tidak ada lagi. 

"Zona merah di Jatim juga mengalami penurunan yang signifikan. Di awal tahun 2021, Jatim masih memiliki delapan zona merah Covid-19. Per kemarin (Sabtu), zona merah hanya menyisakan. Jombang," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin