Polisi Tangkap 3 Kawanan Begal Motor di Jombang, Target Pelaku Perempuan dan Orang Tua

Ihya Ulumuddin, Mukhtar Bagus · Rabu, 04 Desember 2019 - 14:45:00 WIB
Polisi Tangkap 3 Kawanan Begal Motor di Jombang, Target Pelaku Perempuan dan Orang Tua
Ilustrasi penangkapan pelaku begal. (Foto: Istimewa).

JOMBANG, iNews.id - Polisi menangkap tiga kawanan begal motor sadis di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim). Mereka diamankan sesaat setelah mencuri motor di sebuah minimarket. Satu pelaku bahkan terpaksa ditembak kakinya karena mencoba kabur.

Ketiga pelaku yakni, Kusdar (40), Koliq Isnawan (31) dan Candra Setiawan (29). Ketiganya warga Desa Karangan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Aksi mereka kerap membuat warga khawatir.

"Sasarannya adalah perempuan dan orang tua. Biasanya mereka beraksi di tempat sepi," kata Kapolres Jombang, AKBP Bobby Tambunan, kepada wartawan di Mapolres Jombang, Jatim, Rabu (4/12/2019).

Dalam penangkapan ini, polisi mengamankan 19 unit motor berbagai jenis dan merk. Jumlah ini diperkirakan hanya sebagian saja, sebab sejumlah motor hasil rampasan para pelaku sudah dijual dan berpindah tangan.

Menurut Bobby, ketiga pelaku merupakan jaringan lama. Mereka juga cukup lama beraksi di sejumlah tempat di wilayah Jombang. Selain begal, mereka juga terlibat aksi penjambretan dan pencurian.

"Mereka ini cukup sadis dan tidak segan melukai korbannya," ujar dia.

Akibat perbuatan ini, ketiga pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP, tentang Pencurian dengan Kekerasan (curas). Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal