Polda Jatim Ungkap Sindikat Pembobol Kartu Kredit Beromset Miliaran Rupiah di Surabaya

Rahmat Ilyasan · Rabu, 04 Desember 2019 - 13:22:00 WIB
Polda Jatim Ungkap Sindikat Pembobol Kartu Kredit Beromset Miliaran Rupiah di Surabaya
Cyber Crime Polda Jatim meringkus sindikat pembobolan kartu kredit dengan omset miliaran rupiah di Surabaya. Sindikat ini menyasar korban dari luar negeri. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id – Unit Cyber Crime Polda Jawa Timur berhasil mengungkap sindikat pembobol kartu kredit dengan omset mencapai miliaran rupiah. Sebanyak 18 peretas dibekuk di Ruko Jalan Balongsari Tama Nomor C1, Surabaya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan sindikat ini meretas internet dan kartu kredit untuk menipu orang. Dengan modus ini para pelaku berhasil meraup omset mencapai 40 ribu dolar Amerika Serikat atau lebih dari Rp5 miliar per tahun.

Luki mengatakan sindikat ini menyasar korban dari luar negeri. Sebagian besar korban yang melapor diketahui berasal dari kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

“Sebelumnya ada beberapa negara yang melaporkan kejadian pembobolan kartu kredit warganya kepada kami. Sementara ini paling banyak dari Eropa dan Amerika Serikat,” ujar Luki dalam konferensi pers di Mapolda Jatim, Rabu (4/12/2019).

Polda Jatim mengatakan pelaku pembobolan kartu kredit tersebut sebagian besar merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan atau SMK. Selain mengamankan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa 20 unit personal computer, ponsel, kartu kredit, buku rekening bank, dan barang bukti lainnya.

Pelaku diancam Pasal 35 dan Pasal 51 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman pidana penjara maksimal 12 tahun dan denda paling banyak Rp12 miliar. “Kami akan kembangkan kasus ini dan bekerja sama dengan negara-negara yang telah melapor,” kata Luki Hermawan.

Editor : Rizal Bomantama