Polda Jatim Bongkar Peredaran Tabung Oksigen Palsu dari Alat Pemadam Api Ringan

Hari Tambayong, Lukman Hakim · Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:11:00 WIB
Polda Jatim Bongkar Peredaran Tabung Oksigen Palsu dari Alat Pemadam Api Ringan
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta melihat barang bukti tabung oksigen palsu berbahan APAR, Rabu (18/8/2021). (Foto: iNews.id/Hari Tambayong).

SURABAYA, iNews.id - Ditreskrimsus Polda Jatim membongkar kasus peredaran tabung oksigen palsu hasil modifikasi alat pemadam api ringan (APAR). Pelaku berinisial NG (52) diamankan dalam kasus ini. 

Warga Jalan Simorejo, Kelurahan Sukomanunggal, Kecamatan Simomulyo itu diringkus karena memproduksi tabung palsu secara massal dan menjualnya ke masyarakat.

Kasus ini berawal pada Selasa (27/7/2021). Saat itu, korban, WD membeli tabung oksigen ukuran 1 meter kubik dari penjual online berinisial DA. Tercapai kesepakatan harganya Rp4 juta. 

Harga itu terdiri atas tabung oksigen seharga Rp3 juta dan regulator seharga Rp1 juta. Setelah tabung oksigen digunakan orang tua WD yang sedang positif Covid-19, kondisi kesehatannya tidak kunjung membaik.

Malah ada masalah terhadap pernapasan dan kondisinya semakin memburuk, sehingga timbul kecurigaan terhadap tabung oksigen tersebut. Pada saat dilakukan pemeriksaan, ternyata tabung itu mempunyai warna dasar merah dan bentuknya sama persis dengan tabung APAR. 

"Informasi awal itu diberikan kepada petugas,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta di Mapolda Jatim, Rabu (18/8/2021).

Lalu, pada Kamis (12/8/2021), petugas melakukan penggeledahan terhadap NW yang pemilik CV Surya Artha Kencana di Jalan Simorejo Timur, Surabaya. Perusahaan ini bergerak dibidang pengisian alat pemadam kebakaran. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: