Perbaikan Tuntas, Pencahayaan Lampu Stadion GBT Lampaui Standar FIFA 

Ihya Ulumuddin · Jumat, 22 Januari 2021 - 14:49:00 WIB
Perbaikan Tuntas, Pencahayaan Lampu Stadion GBT Lampaui Standar FIFA 
Tim ahli ITS dan Cipta Karya Kota Surabaya mengecek kelayakan lampu Stadion GBT untuk persiapan Piala Dunia U-20. (istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Perbaikan lampu Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk persiapan Piala Dunia U-20 di Surabaya tuntas. Berdasarkan hasil uji kelayakan tim ahli, pencahayaan lampu Stadion GBT mencapai 2.850 lux. 

“Tanggal 24 Desember lalu sudah dilakukan pengecekan. Tetapi kami sekarang mengecek kembali kebetulan pada saat itu ada sedikit penambahan dan ini sekarang sudah clear. Sudah sesuai ketentuan,” kata Tim Ahli dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) Samsul Anam, seusai meninjau Stadion GBT, Jumat (22/1/2021). 

Berdasarkan hasil pantauannya, Samsul menyatakan, pencahayaan stadion GBT ini sudah melebihi kapastitas yang ditentukan oleh FIFA yaitu 2.000 lux. Sementara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sendiri sudah memberi target khusus yakni 2.400 lux.

“Artinya sudah lebih tinggi lagi ya. Karena saat bulan Desember saja 2.700 lux. Setelah ada penambahan dan sedikit revisi sekarang sudah mencapai 2.850 lux,” katanya. 

Menurut dia, Pemkot Surabaya memberi standar yang lebih tinggi lantaran karena lambat laun lampu akan mengalami peredupan. Namun, Samsul menjamin jika pelaksanaan Piala Dunia U-20 berlangsung pada tahun 2023 mendatang maka pencahayaan stadion masih sesuai dengan standar yang ditentukan oleh FIFA.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2