Mau Cari Tanah, Penggali Pasir di Mojokerto Malah Temukan Situs Purbakala

Sholahudin ยท Minggu, 19 April 2020 - 22:34:00 WIB
Mau Cari Tanah, Penggali Pasir di Mojokerto Malah Temukan Situs Purbakala
Pengukuran situs purbakala yang ditemukan seorang penggali tanah di Mojokerto, Jatim. (Foto: iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.id – Penggali tanah di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) tak sengaja menemukan benda pubakala berupa batu yang menyerupai telur bulat di bawah sebuah pohon besar. Batu ini diperkirakan merupakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit.

Penemu batu ini bernama Fendi Raharja, warga Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Saat itu dirinya bermaksud menggali tanah untuk urukan di Dusun Bendo, desa setempat.

Menurut saksi mata yang juga seorang penggali tanah, Sudar, awalnya Fendi menggali tanah dekat pohon, namun tak kunjung berhasil. Dia terus menggali tanah hingga menemukan batu besar tersebut.

“Penemuan ini kira-kira lima hari lalu. Saat ditemukan, posisi batu terbalik dan tertutup akar pohon, sehingga sulit untuk diangkat dari lokasi,” katanya, Minggu (19/4/2020).

Temuan ini lantas dilaporkan ke perangkat Desa Kumitir dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim di Trowulan. Petugas lantas mendatangi lokasi penemuan situs purbakala dan melakukan pengukuran.

Saat dilakukan penelitian dan pengukuruan, situs ini memiliki panjang 130 sentimeter, lebar 100 sentimeter dan tinggi 100 sentimeter. Model batu pipih tangga tersebut berbentuk gelungan di ujungnya.

Kepala BPCP Jatim, Andi Muhammad Said mengatakan, akan melakukan ekskavasi atau pemindahan di lokasi Kumitir. Proses ini akan melibatkan ratusan mahasiswa arkeologi dan juga sejarawan yang ada di seluruh Jatim.

“Rencananya ekskavasi baru akan dilakukan pada bulan Juni lantaran saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Ekskavasi dilakukan dengan penggagalian sekitar 400 meter persegi di Desa Kumitir,’’ katanya.

Editor : Umaya Khusniah