Mau Cari Pasir di Sungai, Laki-Laki di Blitar malah Temukan Mahkota Naga

Robby Ridwan ยท Rabu, 15 April 2020 - 18:06:00 WIB
Mau Cari Pasir di Sungai, Laki-Laki di Blitar malah Temukan Mahkota Naga
Mahkota bermotif naga yang ditemukan penambag pasir di Blitar, Jawa Timur. (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id – Seorang penambang pasir di Blitar, Jawa Timur (Jatim) menemukan mahlota raja yang diduga merupakan peninggalan kerajaan. Untuk mengetahui secara pasti asal mahkota yang mulai usang dimakan usia ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blitar akan menggandeng Balai Pelestari Cagar Budaya Trowulan untuk menelitinya.

Fendri dan suami tak menyangka akan menemukan sebuah mahkota berkepala naga yang terbuat dari tembaga saat menambang pasir di sungai belakang rumah. Rumah pasutri yang ada Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar ini kini ramai dikunjungi warga yang ingin melihat mahkota secara langsung.

Mahkota bermotif naga ini memiliki berat dua kilogram, dengan tinggi sekitar 30 sentimeter dan diameter 60 sentimeter. Fendri mengatakan mahkota ini ditemukan tidak jauh dari sebuah candi kecil bernama Candi Kali Cilik yang ada di desanya.

“Awalnya suami saya mau mencari pasir, lalu menemukan ini. Awalnya dikira ember plastik, tidak tahunya ini,” katanya, Rabu (15/4/2020).

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Blitar, Suhendro Wibisono mengatakan, terlepas dari asli atau tidak, penemuan ini menjadi bukti jika nenek moyang kita memiliki kebudayaan yang tinggi.

“Di sekitar sini banyak petilasan di antaranya Candi Kali Cilik dan Candi Bubrah,” katanya.

Sebagai informasi, Desa Candirejo memiliki banyak candi peninggalan mulai jaman Kerajaan Kediri hingga Majapahit. Bahkan di Blitar juga banyak ditemukan petilasan Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.


Editor : Umaya Khusniah