Maklumat Ponpes Lirboyo Kediri: Kegiatan Ramadan 2020 Ditiadakan

Antara ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 06:46 WIB
Maklumat Ponpes Lirboyo Kediri: Kegiatan Ramadan 2020 Ditiadakan
Maklumat Ponpes Lirboyo Kediri (Foto: Dokumen PP Lirboyo)

KEDIRI, iNews.id - Kegiatan Ramadan 2020 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur (Jatim) untuk santri luar ditiadakan. Penghapusan kegiatan ini karena perpanjangan masa darurat virus corona (Covid-19) di Jatim.

"Sesuai maklumat, untuk Ramadan kami libur, tidak terima santri dari luar. Jadi, mungkin pengajian oleh santri yang tersisa saja, yang rumahnya jauh atau rumahnya di daerah yang risiko tinggi," kata KH Oing Abdul Muid Shohib, salah seorang keluarga dari Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri, Selasa (24/3/2020).

Dia mengakui, aktivitas di pesantren untuk Ramadan nantinya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat Ramadan biasanya terdapat kegiatan santri kilatan, namun kini ditiadakan.

"Tahun ini kami umumkan tidak ada pengajian (ngaji kilat khusus saat Ramadan) seperti tahun sebelumnya," ujarnya.

Selain itu, biasanya di akhir tahun banyak agenda dan kini dibatalkan semua. Bahkan, libur santri juga dipercepat yang seharusnya pada pertengahan April dimajukan di awal April.

Santri juga wajib pulang, kecuali yang mereka tinggal di daerah yang risiko penyebaran virus corona tinggi. Proses kepulangan santri juga akan dikoordinasikan dengan menggunakan bus yang disemprot disinfektan demi mencegah virus menempel.

"Kepulangan santri kami organisasi, tidak boleh pulang sendiri. Wajib pulang pada intinya, namun ada pengecualian yang daerahnya risiko tinggi kami beri toleransi atau harus ada penjemputan," katanya.

Dia juga sudah koordinasi dengan polisi terkait dengan rencana kepulangan para santri tersebut. Tujuannya agar Polresta Kediri berkoordinasi dengan jajaran di daerah lain, sehingga para santri yang pulang ke daerahnya masing-masing tidak mengalami penolakan.

"Kami lapor ke Polres, minta dibantu agar saat masuk ke kota mereka bisa dikoordinasikan ke aparat agar tidak ditolak," ujar pria yang akrab disapa Gus Muid itu.

Pemulangan santri dilakukan pada Sabtu (4/4/2020) dan yang pulang tidak diperbolehkan kembali ke pondok sampai Jumat, 5 Juni 2020.


Editor : Nani Suherni