LPSK: Saksi dan Korban Kekerasan Seksual di SMA SPI Kerap Diintimidasi

Lukman Hakim · Rabu, 13 Juli 2022 - 13:49:00 WIB
LPSK: Saksi dan Korban Kekerasan Seksual di SMA SPI Kerap Diintimidasi
JE terdakwa kekerasan seksual di SMA SPI tiba di Lapas Lowokwaru Malang (Foto: MPI/Avirista Midaada).

SURABAYA, iNews.id - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) meminta pihak-pihak tertentu untuk tidak mengintimidasi korban kekerasan seksual di SMA SPI. Permintaan itu disampaikan menyusul adanya beberapa orang yang mendatangi rumah korban. 

Wakil Ketua LPSK Susilaningtias mengatakan, selama ini ada upaya-upaya dari pihak tertentu untuk menemui korban, yakni dengan mendatangi mereka satu persatu. Namun, pihaknya terus memberikan perlindungan fisik terhadap saksi dan korban yang sudah diputuskan jadi terlindung LPSK. 

“Kami meminta pihak-pihak tertentu untuk menghentikan percobaan intimidasi kepada saksi dan korban maupun keluarganya. Biarkan proses hukum yang berjalan,” kata Susilaningtias.

Susi juga mendukung gerak cepat pihak Kejati Jatim yang langsung mengeksekusi perintah majelis hakim Pengadilan Negeri Malang. “Proses hukum sudah bergulir, bahkan tidak lama lagi agenda persidangan memasuki tahap penuntutan,” katanya.

Atas penahanan terhadap terdakwa, lanjut Susilaningtias, dapat memberikan ketenangan terhadap para korban. Meskipun tidak sepenuhnya menjamin upaya intimidasi terhadap para korban tidak terjadi. Tetapi, paling tidak, memberikan gambaran bahwa hukum itu masih menjadi panglima dan tidak ada orang “kuat” dan bisa “bermain-main” dengan hukum.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: