Legenda Gunung Kelud, Kisah 2 Raja Berkepala Binatang Kena Tipu Dewi Cantik

Azizah Refifa Aqsha ยท Jumat, 23 September 2022 - 20:22:00 WIB
Legenda Gunung Kelud, Kisah 2 Raja Berkepala Binatang Kena Tipu Dewi Cantik
Legenda Gunung Kelud merupakan cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. (Foto: magma.esdm.go.id).

KEDIRI, iNews,id - Legenda Gunung Kelud merupakan cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung Kelud terletak meliputi tiga kawasan administrasi, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, asal-usul Gunung Kelud tercipta karena pengkhianatan seorang putri Dewi Kilisuci yang terkenal kecantikannya terhadap raja sakti bernama Lembu Suro.  

Legenda Gunung Kelud 

Dewi Kilisuci sangat terkenal kecantikannya saat itu. Dewi Kili Suci merupakan anak dari Jenggolo Manik, raja dari Kerajaan Jenggala.

Wajahnya yang cantik, Dewi Kili Suci menjadi rebutan para pria di kerajaan Jenggala. Banyak pria yang tertarik ingin meminang Putri raja tersebut. 

Beberapa di antaranya, yaitu dua raja sakti yang tidak berwujud seperti manusia seutuhnya. Pria itu bernama Mahesa Suro yang memiliki kepala kerbau dan Lembu Suro berkepala lembu.

Sayembara Berebut Putri Cantik

Namun, Dewi Kili Suci tidak ingin menerima lamaran dari kedua raja tersebut. Akhirnya sang putri membuat sayembara yang amat sulit dikerjakan oleh manusia biasa agar kedua raja ini gagal dalam perlombaan.

Dewi Kili Suci meminta kedua pria itu untuk membangun dua sumur di atas puncak Gunung Kelud dalam waktu satu malam sebelum fajar terbit. Sumur yang dibuat harus berbau amis dan satunya lagi berbau harum.

Berbekal kesaktian yang dimiliki, Mahesa Suro dan Lembu Suro menyanggupi permintaan dari Dewi Kili Suci. Mereka mulai membuat sumur tersebut dari malam hingga pagi sebelum waktu yang telah ditentukan oleh Putri Dewi Kilisuci. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: