Kurangi Plastik, Risma Bagikan Daun Pisang Pembungkus Daging Kurban ke Masjid

Antara ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 17:08 WIB
Kurangi Plastik, Risma Bagikan Daun Pisang Pembungkus Daging Kurban ke Masjid
Sejumlah pegawai Pemkot Surabaya menebas daun pisang di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Minggu (11/8/2019), untuk diberikan ke sejumlah masjid sebagai pengganti kantong plastik saat membungkus daging kurban. (Foto: Antara)

SURABAYA, iNews.idWali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya membagikan daun pisang ke sejumlah masjid, Minggu (11/8/2019). Dia meminta daun pisang digunakan sebagai pengganti kantong plastik untuk membungkus daging kurban bagi masyarakat.

“Saya tadi ngumpulin daun-daun di kediaman untuk saya bagi ke warga yang memotong hewan-hewan kurban, supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut,” kata Risma usai menyerahkan daun pisang ke sejumlah masjid di Surabaya.

Risma mengatakan, daun-daun itu dia kumpulkan dari rumah dinasnya di Jalan Sedap Malam dan Taman Surya. Aksi itu sebagai bentuk komitmennya untuk mengurangi sampah plastik. Dia berharap warga Kota Surabaya tidak lagi menggunakan plastik membungkus daging kurban.

“Daun pisang yang saya bagikan itu berjenis calathea. Saya bagikan ke warga yang memotong hewan-hewan kurban supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut,” kata Risma.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M Fikser menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisasi penggunaan sampah plastik. Ada empat masjid yang diberi daun-daun pembungkus daging kurban tersebut yakni, Masjid Al-Muhajirin Jalan Kanginan dan Masjid Cheng Ho Jalan Gading.

“Berikutnya Masjid Rohman Arif Jalan Karang Gayam dan terakhir Masjid An-Nur SMA Negeri 2,” kata Fikser.

Fikser menambahkan, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu sekitar 12 ikat. Masing-masing beratnya sekitar 10 kilogram. “Jadi total daun tersebut kurang lebih 120 kilogram,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyerahkan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 44 ekor kambing pada Idul Adha tahun ini. Dari 16 sapi kurban tersebut, enam di antaranya diberikan kepada warga yang tinggal di eks lokalisasi Dolly dan untuk sisanya ke masjid-masjid di Surabaya.


Editor : Maria Christina