Kisah Sukses Wahyu Widodo, Berawal Hobi Desain Kini Pasarkan Diecast Mobil ke Amerika
"Kalau untuk ide pembuatannya dari sketsa sendiri bisa, Kemudian dari mobil-mobil balap mobil dari film, kadang dari musik video klip, kadang juga masukin mobil juga," kata Wahyu.
Ide-ide unik itu yang kini membuatnya bisa menjual hasil karya hingga menembus pasar Amerika hingga Eropa. Namun sebelum memasuki pasar Amerika, Wahyu mengaku butuh pengorbanan yang lebih.
Dia semula mencoba mengikuti pameran tahunan internasional pada 2017. Saat pameran Matchbox yang diselenggarakan di Amerika Serikat, seleksinya cukup ketat.
"Dari 1.500 peserta itu diseleksi dan diterima sekitar 25 orang saja. Bersyukur saya bisa masuk salah satunya dari 25 orang terpilih itu. Tapi saya enggak datang ke sana, cuma karya saya yang dikirim ke sana," ujarnya.
Dari capaian itu, Wahyu kian semangat membuat diecast secara detail dan lebih baik lagi. Kemudian pada 2019, dia mengikuti pameran tahunan lagi dengan jumlah peserta lebih sedikit.
"Kalau tahun 2017 itu 25 peserta, 2019 itu cuman 15 peserta dan berhasil lolos lagi dari seleksi dan memamerkan karya custom diecast saya," ucap dia.
Keberuntungannya bisa mengikuti pameran yang dihadiri berbagai pengunjung dari penjuru dunia membuat nama Wahyu sebagai kreator diecast makin dikenal. Bahkan, karyanya sudah laris manis dibeli kolektor dari berbagai negara.
Kini, sebanyak 90 persen mobil mainan buatannya telah dipasarkan ke Amerika. Sisanya dijual ke Belanda, Australia, dan dalam negeri.
Editor: Rizky Agustian