Kisah Guru Honorer Ernawati, 12 Tahun Sisihkan Gaji hingga Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci 

Lukman Hakim · Kamis, 30 Juni 2022 - 09:51:00 WIB
Kisah Guru Honorer Ernawati, 12 Tahun Sisihkan Gaji hingga Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci 
Guru honorer Wiwik Ernwati sukses mewujudkan memimpinya pergi ke tanah suci setelah 12 tahun menabung. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Mimpi guru honorer Wiwik Ernaawati untuk pergi ke tanah suci akhirnya terkabul. Ibu dua orang putri asal Mojokerto itu berangkat ke Mekkah dari hasil tabungannya selama 12 tahun. 

Bagi Ernawati, sukses ini merupakan berkah luar biasa. Sebab gaji yang didapat sebagai guru tidak tetap (GTT) jauh dari Upah Mininum Regional (UMR). 

Ernawati menceritakan, sejak 2008 menjadi guru, dia hanya mendapatkan honor sebesar Rp24.000 sebulan. Gaji tersebut, tidaklah sebanding dengan pengeluaran yang harus ia rogoh dari kantong sakunya. Pasalnya, jarak rumah menuju tempat ia mengabdi tidaklah dekat, butuh waktu sekitar 40 menit dengan mengendarai sepeda motor.

"Setiap hari, saya harus menempuh sekitar 50 km di daerah pegunungan untuk bisa sampai di tempat saya mengajar, di daerah Pacet," tutur jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 34 Embarkasi Surabaya ini, Rabu (29/6/2022).

Putri dari penjaga sekolah SD di daerah Mojokerto ini lantas menuturkan, ia mendaftar haji pada tahun 2011, tepat sebulan setelah melangsungkan pernikahan. Atas kesepakan dengan sang suami, uang amplop pernikahan yang ia dapatkan, ditambah tabungan yang ada, ia gunakan untuk membayar pendaftaran ibadah haji. 

"Alhamdulillah, karena tekad saya sudah kuat, dapat uang buwuhan saya gunakan untuk daftar haji," ujar jemaah haji yang berangkat sendiri tanpa didampingi suami.

Seiring berjalannya waktu, gaji yang diperoleh Ernawati pun beranjak naik. Meski honor yang ia peroleh masih jauh dari kata cukup, guru yang belum mendapatkan sertifikasi non PNS  hingga 14 tahun pengabdiannya ini masih bisa bersyukur.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: