Khofifah Optimistis Bendungan Tugu dan Gongseng Mampu Dongkrak Produktivitas Pertanian Jatim

Lukman Hakim ยท Selasa, 30 November 2021 - 18:50:00 WIB
Khofifah Optimistis Bendungan Tugu dan Gongseng Mampu Dongkrak Produktivitas Pertanian Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Presiden Jokowi saat peresmian Bendungan Tugu dan Gongseng di Trenggalek, Selasa (30/11/2021). (Foto: Sindonews/Lukman Hakim).

Diketahui, Presiden Jokowi meresmikan dua bendungan di Jawa Timur. Kedua bendungan itu ialah Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro "Petani semakin produktif, lebih sering menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," ujar Jokowi.

Bendungan Tugu memanfaatkan aliran sungai Kali Keser di wilayah Trenggalek. Memiliki luas 104 hektare, Bendungan Tugu mampu mengaliri lahan sebesar 1.250 hektare. Memiliki daya tampung 12 juta meter kubik, bendungan ini mampu menjadi sarana penyedia air baku sebesar 12 liter/detik dan bisa mengembangkan listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 0,4 megawatt. Bendungan Tugu juga diproyeksikan mampu menjadi sarana pengendalian banjir sebesar 20 persen atau setara dengan 42,47 meter kubik per detik.

Sementara itu, Bendungan Gongseng mampu  mengairi lahan seluas 6.250 hektare. Bendungan yang dibangun dengan tinggi 34 meter tersebut menyediakan air baku sebesar 300 liter per detik. Selain itu meningkatkan intensitas tanam sebesar 250 persen.  

Tidak hanya sebagai pengendali banjir, yang dapat mereduksi hingga 133,27 meter kubik per detik. Bendungan ini memiliki kapasitas tampungan total sebesar 22 juta juta meter kubik dengan tampungan efektif sebesar 14,75 juta meter kubik.

Editor : Ihya Ulumuddin

Bagikan Artikel: