Khofifah Optimistis Bendungan Tugu dan Gongseng Mampu Dongkrak Produktivitas Pertanian Jatim

Lukman Hakim · Selasa, 30 November 2021 - 18:50:00 WIB
Khofifah Optimistis Bendungan Tugu dan Gongseng Mampu Dongkrak Produktivitas Pertanian Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Presiden Jokowi saat peresmian Bendungan Tugu dan Gongseng di Trenggalek, Selasa (30/11/2021). (Foto: Sindonews/Lukman Hakim).

TRENGGALEK, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa optimistis dua bendungan yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo mampu mendongkrak produktivitas sektor pertanian dan perikanan Jatim. Dua bendungan tersebut yakni Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro 

Bendungan Tugu memiliki kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan dapat memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare. Sedangkan Bendungan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare. Jokowi berharap dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian semakin meningkat.

"Dengan begitu, tingkat kesejahteraan petani Jatim pun dapat semakin meningkat. Kedua bendungan ini juga dapat dijadikan destinasi wisata sehingga menambah pendapatan warga sekitar," kata Gubernur Khofifah di Trenggalek (30/11/2021).

Khofifah menyampaikan, di Jatim saat ini terdapat 6 Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait bendungan yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat. Ke-enam proyek bendungan tersebut adalah Bendungan Tukul di Pacitan, Bendungan Tugu dan Bendungan Bagong di Trenggalek, Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Gongseng di Bojonegoro, dan Bendungan Semantok di Nganjuk. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Presiden melalui Menteri PUPR atas diberikannya lokasi PSN bendungan yang ada di Jatim," katanya. 

Khofifah menambahkan, keberadaan bendungan diberbagai daerah ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal disekitaran lokasi bendungan. "Begitu banyaknya manfaat yang didapat dari adanya bendungan ini. Mudah-mudahan semuanya akan memberikan manfaat yang besar dan meningkatkan kesejahteraan warga disekitaran lokasi," tuturnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: